Wednesday, April 1, 2020

Berita Corona di Indonesia: Stop Mudik, 4 Tahap Batal Perjalanan KA


Ujian pandemi Covid-19 yang melanda di Indonesia ini sudah meresahkan seluruh lapisan masyarakat. Belum ada kabar kapan akan berakhir pada berita corona di Indonesia. Apalagi, bulan April dan Mei adalah bulan yang digunakan masyarakat untuk mudik. Oleh karena itu, pemerintah pusat menginstruksi agar tidak mudik. Apabila ingin bersilaturahmi, Anda bisa melakukan via online.

1. Pembatalan 3 Kereta Api

Adanya pandemi Covid-19 yang diperkirakan akan mengalami puncaknya pada bulan Mei, PT KAI Daop 8 memutuskan untuk melakukan pembatalan pada 18 perjalanan kereta api di bulan April. Pembatalan perjalanan ini tidak diberhentikan semuanya. Melainkan melalui beberapa tahap. Pada tahap pertama ini ada 3 perjalanan kereta api yang dibatalkan operasionalnya. 

Daftar kereta api itu, yang pertama kereta api Sembrani  (KA 81/ KA 82) dengan tujuan stasiun Pasar Turi Surabaya menuju stasiun Gambir Jakarta maupun sebaliknya. Kedua kereta api Gumarang (KA 133/KA 134) dengan tujuan stasiun     Pasar Turi Surabaya menuju stasiun Pasar Senen maupun sebaliknya. Terakhir ada kereta api Songgoriti (KA 283/KA 284) dengan tujuan stasiun Gubeng Surabaya menuju stasiun Malang maupun sebaliknya.

Tahap pertama ini dilakukan atau mulai diberlakukan pada tanggal 26 Maret 2020 sampai dengan 30 April 2020. Mengingat bahayanya virus ini yang ada pada berita corona di Indonesia, lebih baik untuk tetap tinggal di daerah saat ini dan berdiam di dalam rumah. Wilayah yang akan Anda kunjungi berpotensi terkena virus apabila Anda mudik.

2. Pembatalan 4 Kereta Api

Pada tahap kedua ini, ada 4 perjalanan kereta api yang juga dibatalkan oleh pihak KAI Daop 8 Surabaya. Daftar kereta api itu adalah, pertama kereta api Sancaka Utara dengan seri KA 165-168-169 / KA 170-167-166 dengan tujuan stasiun Pasar Turi Surabaya – Gambiran - Solo hingga Kutoarjo. Kedua ada kereta api Mutiara Timur dengan seri KA 184/KA 185 dengan tujuan stasiun Gubeng Surabaya menuju Ketapang.

Ketiga ada kereta api Logawa dengan seri KA 300-297/KA 298-299 dengan tujuan Jember -  Gubeng Surabaya - Purwokerto. Terakhir ada kereta api Gaya Baru malam arah Selatan dengan seri KA 111/KA 112 dengan tujuan stasiun Gubeng Surabaya menuju stasiun Pasar Senen Jakarta maupun sebaliknya. Tahap kedua ini diberlakukan mulai tanggal 1 April 2020 sampai dengan 30 April 2020.

Bagi Anda yang terlanjur membeli tiket pada bulan ini, Anda bisa mengembalikannya dan akan mendapatkan ganti rugi seratus persen. Tiket bisa dikembalikan melalui aplikasi KAI Access yang bisa diunduh di playstore ataupun appstore. Jadi, Anda tidak perlu keluar rumah menuju stasiun untuk mengembalikan tiket. Apalagi stasiun adalah kawasan yang bisa berpotensi Covid-19. 

3. Pembatalan 5 Kereta Api

Tahap ketiga ini diberlakukan pada tanggal 29 sampai dengan 31 Maret 2020. Adapun kereta api yang beroperasi pada tanggal ini akan diberhentikan. Kereta api itu adalah Argo Wilis dengan tujuan Surabaya Gubeng menuju ke Bandung Gambir maupun sebaliknya. Kedua ada kereta api Mutiara Selatan dengan tujuan Malang - Surabaya Gubeng - Bandung - Gambir maupun sebaliknya.

Ketiga ada kereta api Turangga dengan tujuan Surabaya Gubeng - Bandung - Gambir dan sebaliknya. Keempat ada kereta api Malabar dengang tujuan Malang -  Bandung - Pasar Senen maupun sebaliknya. Terakhir ada kereta api Pasundan dengan tujuan Surabaya – Kiaracondong Bandung maupun sebaliknya.

4. Pembatalan 6 Kereta Api

Tahap terakhir ada kereta api Jayakarta tujuan Surabaya Gubeng – Jakarta Kota maupun sebaliknya. Kedua ada kereta api Dharmawangsa Ekspres dengan tujuan Surabaya Pasar Turi – Jakarta Pasar Senen maupun sebaliknya. Ketiga ada kereta api Malioboro Ekspres dengan tujuan Malang – Yogyakarta maupun sebaliknya.

Keempat kereta api Sancaka dengan tujuan Surabaya Gubeng -  Yogyakarta. Kelima ada kereta api Majapahit dengan tujuan Malang – Pasar Senen Jakarta maupun sebaliknya. Keenam ada kereta api Ambarawa Ekspres Surabaya Pasar Turi – Semarang Poncol dan sebaliknya. Tahap ini mulai diberlakukan pada bulan April hingga waktu yang ditentukan selanjutnya. Mengingat pandemi Covid-19 belum ada kabar kapan berakhir.

Oleh karena itu, ada baiknya Anda membantu perkembangan https://www.cekaja.com/info/covid-19-updates/ mengenai kebijakan mudik. Namun, melihat kondisi yang semakin parah terjadi di beberapa wilayah Indonesia, lebih baik tidak mudik. Tinggal di rumah bisa menjadi usaha pencegahan menyebarnya virus lebih jauh lagi. 

0 comments:

Post a Comment