Sunday, October 27, 2019

Tips Menemukan Hotel Sesuai Kebutuhan Secara Online


Memilih hotel atau akomodasi yang tepat adalah hal yang esensial untuk memastikan kelancaran liburan atau perjalanan bisnis. Dengan hadirnya online travel agent (OTA) seperti Traveloka, kini setiap pengguna dapat memesan kamar hotel sebelum keberangkatan. Pengguna juga bisa melakukan perbandingan harga dan fasilitas antara satu hotel dengan hotel yang lain di negara atau kota destinasinya.

Menurut data dari BPS pada tahun 2018, tercatat ada lebih dari 3.300 hotel berbintang yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Jika dijumlah, ada 314.000 kamar yang tersedia untuk dipesan. Provinsi dengan jumlah hotel berbintang tertinggi adalah Bali (551), Jawa Barat (463), dan DKI Jakarta (326).

Dengan semakin menjamurnya kehadiran hotel, persewaan kamar, hingga persewaan rumah dan apartemen harian, pengguna tidak akan pernah kehabisan pilihan, bahkan ketika bepergian di musim liburan. Namun, bagaimana cara memastikan bahwa Anda bisa menemukan hotel yang sesuai dengan kebutuhan?

Traveloka mengembangkan beberapa fitur canggih untuk memudahkan pengguna mencari hotel sesuai selera dan preferensi masing-masing. Berikut ini lima tips penting yang bisa Anda lakukan:

1. Masukkan budget ke dalam fitur harga

Hal pertama yang perlu diketahui sebelum mencari hotel adalah anggaran atau budget. Gunakan fitur filter harga di Traveloka dan masukkan harga maksimal yang sesuai dengan budget. Fitur ini sangat berguna untuk mempercepat proses pencarian, sehingga semua akomodasi yang ditampilkan berada pada jangkauan budget. Setelah menetapkan anggaran, pengguna juga bisa mengurutkan tampilan pilihan hotel mulai dari harga termurah hingga termahal.

2. Tentukan jenis properti yang ingin dipilih

Setiap perjalanan atau liburan membutuhkan tipe akomodasi yang berbeda-beda. Dalam aplikasi Traveloka, pengguna dapat memilih beberapa kategori untuk menemukan hotel yang tepat. Misalnya, kategori Family-Friendly akan menampilkan pilihan hotel ramah-anak yang memiliki fasilitas penunjang, seperti kolam renang, taman bermain, atau kamar keluarga. Kategori Budget atau Hostel cocok untuk para backpacker yang hendak berwisata dengan anggaran lebih hemat. Ada juga kategori Luxury yang dapat dipilih pengguna jika ingin memanjakan diri di hotel-hotel mewah berbintang empat atau lima.

Selain kategori tersebut, pengguna bisa semakin mempersempit hasil pencarian dengan memilih tipe akomodasi yang diinginkan. Misalnya, jika ingin berpergian bersama teman-teman dan keluarga dalam jumlah banyak, pengguna dapat mencentang pilihan Resort atau Villa. Traveloka memiliki ribuan direktori tipe penginapan untuk kebutuhan wisatawan, entah itu berupa homestay, apartemen, hotel, villa, hostel, atau bed and breakfast yang lebih sederhana.

3. Manfaatkan fitur peta untuk memilih lokasi terbaik

Ketika berlibur maupun melakukan perjalanan bisnis, pemilihan lokasi menginap adalah hal yang sangat penting. Jika hotel atau penginapan terletak jauh dari pusat kota atau berada di lokasi yang kurang aman, bisa-bisa pengalaman berlibur rusak karena tidak bisa beristirahat dengan tenang.

Karena itu, pengguna dihimbau untuk selalu memanfaatkan fitur peta untuk menemukan hotel yang terletak di lokasi terbaik. Fitur peta digital yang interaktif ini mudah digunakan karena pengguna bisa memasukkan alamat, tempat wisata, atau bagian kota tertentu, kemudian Traveloka akan memberikan rekomendasi hotel yang berada di radius terdekatnya.

4. Pilih fasilitas yang wajib ada

Setiap hotel menawarkan fasilitas yang berbeda-beda. Bahkan, dalam satu hotel, fasilitas antara tipe kamar Deluxe dan Suite pun berbeda. Agar tidak sampai salah pilih, Traveloka menyediakan pilihan fasilitas standar yang bisa dicentang, seperti WiFi, kolam renang, restoran, elevator, pusat kebugaran, dan transport dari/ke bandara. Misalnya, untuk perjalanan bisnis, pengguna tentu membutuhkan koneksi WiFi agar pekerjaan tetap berjalan lancar. Dengan mencentang fasilitas WiFi, maka Traveloka hanya akan menampilkan pilihan hotel yang menyediakan fasilitas tersebut.

5. Tuliskan permintaan khusus untuk hotel

Jika membutuhkan fasilitas yang lebih detail, Traveloka menyediakan kolom untuk permintaan khusus/special request. Ingin check-in lebih awal? Ingin memilih tipe kasur twin atau king? Atau ingin memilih kamar hotel yang bebas asap rokok? Semuanya dapat dilakukan hanya semudah mengetik di ponsel pintar.

Itu dia keunggulan memesan hotel di Traveloka! Sebagai perusahaan solusi travel online ternama di Indonesia, Traveloka telah bermitra dengan ratusan ribu penginapan mulai dari hotel, hostel, hingga apartemen, untuk melayani pengguna di seluruh daerah Indonesia dan luar negeri. Apapun kebutuhannya, wisatawan bisa pesan hotel mudah di Traveloka sebagai solusi semua perjalanan.

0 comments:

Post a Comment