Wednesday, April 24, 2019

Wisata Sejarah Sekaligus Berburu Foto Cantik di Rumah Tjong A Fie


Dalam sejarah perkembangan Kota Medan, nama saudagar kaya keturunan Tionghoa bernama Tjong A Fie memiliki peran penting. Beliau dikenal sebagai pimpinan masyarakat komunitas Tionghoa di Medan pada masalalu. Selain itu, beliau juga memegang peran penting dalam bidang ekonomi serta politik di Medan.
Hasil gambar untuk rumah tjong a fie medan
(sumber : tempo.co)
Tidak hanya punya kekayaan besar, Tjong A Fie juga dikenal sebagai sosok yang dermawan. Kedermawannya itu pun dilakukan tanpa memandang etnis ataupun agama. Sebagai buktinya, beliau menjadi sosok yang berperan aktif dalam pembangunan Masjid Raya Al-Mashum alias Masjid Raya Medan serta Masjid Gang Bengkok.
Cerita sejarah perjalanan hidup Tjong A Fie tersebut bisa ditelusuri oleh wisatawan zaman now dengan berkunjung ke Rumah Tjong A Fie. Rumah ini merupakan kediaman Tjong A Fie yang telah diubah menjadi museum oleh para keturunannya. Rumah ini berada di atas lahan seluas 8.000 meter persegi dengan 2 lantai dan total terdapat 35 ruangan.
Bangunan Rumah Tjong A Fie yang didirikan pada tahun 1895 ini pun memiliki keunikan tersendiri. Kombinasi budaya Melayu, Tiongkok, serta Eropa bisa ditelusuri pada bentuk bangunannya. Hal itu bisa diketahui dengan penggunaan gaya arsitektur art deco yang populer di masa lalu, serta prinsip feng shui yang dipegang erat oleh warga Tionghoa. Sementara itu, unsur Melayu bisa dijumpai dengan dominasi warna kuning serta bentuk jendela yang khas.  
Para pengunjung bisa melihat beragam koleksi menarik di sini, termasuk di antaranya adalah foto-foto Tjong A Fie beserta keluarganya. Tidak ketinggalan, beberapa lokasi di rumah ini juga menjadi tempat yang menarik untuk berburu foto instagramable. Beberapa spot foto populer di antaranya adalah di area depan bangunan, di ruang utama, serta di bagian pintu gerbang.
Pembukaan rumah bersejarah ini sebagai museum dilakukan sejak tahun 2009. Semenjak itu, popularitas tempat wisata ini begitu tinggi di kalangan para wisatawan. Mereka yang berkunjung ke tempat wisata di Medan ini juga beragam, tak hanya wisatawan domestik, tapi juga mancanegara. Bahkan, museum ini juga pernah memperoleh penghargaan TripAvisor Excelence Award pada tahun 2014.
Wisatawan yang ingin berkunjung ke sini bisa datang secara langsung ke alamatnya, di Jl. Jenderal Ahmad Yani Nomor 105, Medan. Setiap pengunjung yang datang, diharuskan untuk membayar tiket seharga Rp35.000. Selain itu, tempat ini buka setiap hari, mulai pukul 09.00-17.00 WIB, tutup saat perayaan Hari Raya Imlek.
Nah, buat Anda yang tertarik untuk mengetahui sejarah hidup Tjong A Fie sekaligus berburu foto cantik di rumah megahnya, bisa secara langsung datang ke tempat wisata ini. Saat liburan ke Medan, Anda tak perlu khawatir perlu mengeluarkan uang banyak. Untuk urusan penginapan, bisa memakai layanan dari Airy Rooms yang dikenal sebagai jaringan hotel murah terbesar di Indonesia.
Hotel murah di Medan yang mereka sediakan, memberi solusi penginapan berkualitas dengan harga yang ekonomis. Anda akan memperoleh ruangan yang bersih dengan fasilitas lengkap di dalamnya. Fasilitas tersebut termasuk di antaranya adalah kamar mandi shower dengan air hangat, perlengkapan mandi, pendingin AC, TV layar datar, akses internet WiFi gratis, serta air minum yang diberikan secara cuma-cuma.
Pemesanan kamar di jaringan hotel murah ini juga mudah. Tak perlu keluar rumah, cukup dengan memakai aplikasi yang tersedia untuk perangkat Android dan iPhone. Selanjutnya, tinggal melakukan pembayaran, menyusun itinerary, dan Medan pun siap menyambut kedatangan Anda.

0 comments:

Post a Comment