Monday, April 22, 2019

Bakteri


Bakteri adalah kelompok organisme yang sangat kecil dan tidak memiliki membran inti sel. Organisme ini termasuk ke dalam domain ptokariota. Meskipun memiliki ukuran yang sangat kecil, bakteri memiiki peran yang besar dalam kehidupan di bumi. Bakteri bisa berada di mana saja. Seperti di permukaan benda yang kita sentuh sehari-hari. Terdapat berbagai macam jenis bakteri. Ada yang baik dan ada yang tidak baik. Bakteri baik biasanya digunakan dalam proses fermentasi makanan ataupun minuman. Seperti keju, minuman fermentasi, tape, dan yang lainnya. Bakteri yang tidak baik biasanya berada pada permukaan benda yang kotor. Bakteri tidak baik biasanya akan menyebabkan berbagai macam masalah pada tubuh kita. Seperti misalnya diare, dan iritasi atau gatal-gatal.

Bukan hanya pada permukaan benda yang kotor, bakteri juga terdapat pada keringat di tubuh kita. Juga pada baju yang sudah dipakai beberapa kali. Jika badan tidak segera membersihkan diri setelah berkeringat, maka bakteri akan semakin berkembang pada tubuh. Tapi kini sudah banyak produk pembersih yang memiliki kandingan antibakterial. Dengan memakai produk tersebut, penyebaran bakteri di tubuh bisa dicegah.

Tidak hanya tubuh orang dewasa, tubuh bayi juga kerap berkeringat karena keaktifan mereka. Kulit bayi yang sensitif akan terkena iritasi atau gatal-gatal setelah berkeringat. Untuk mencegah hal itu, kini sudah banyak produk yang dibutuhkan untuk merawat bayi yang memiliki kandungan antibakterial. Produk seperti itu tentunya sangat berguna untuk mencegah menyebarnya bakteri pada kulit bayi. Tidak hanya produk yang langsung diaplikasikan langsung di badan seperti sabun atau sampo, kini sudah banyak produk lain yang memiliki kandungan anti bakterial seperti pakaian. Para orang tua hendaknya lebih memilih produk antibakterial yang lebih aman dibandingkan produk biasa. Tidak hanya mencegah menyebarnya bakteri, antibakterial juga dapat membunuh bakteri jahat dalam kulit bayi. Dengan terbasminya bakteri jahat pada tubuh si kecil, tentunya resiko untuk terkena iritasi juga berkurang sehingga si kecil bisa lebih bebas untuk bermain. Untuk lebih memahami tentang kandungan antibakterial, anda bisa mengunjungi: https://www.sleekbaby.co.id/1000-hari-perlindungan/detail/4-alasan-mengapa-bunda-harus-memperhatikan-kandungan-antibacterial-pada-sabun-bayi.

0 comments:

Post a Comment