Monday, February 4, 2019

Di Jalan Menanjak, Pengemudi Mobil Matik Bisa Ikuti Cara Berikut


Bukan hal yang baru lagi jika saat ini marak sekali mobil matik diburu, banyak orang yang mulai berpindah haluan dari mobil manual ke mobil matik. Hal itu dikarenakan mobil matik memiliki sistem yang lebih mudah dan praktis, terutama untuk transmisi pada gigi. Dibalik kemudahan dan praktisnya tersebut, mobil matik memiliki harga jual serta premi asuransi mobil atau biaya perawatan yang lebih tinggi dibandingkan mobil manual, mengingat fungsinya yang memang lebih baik dibandingkan mobil manual. Akan tetapi, ada hal yang terkadang menjadi keluhan bagi mereka pengguna baru mobil matik yaitu ketika mengendarainya di jalan yang menanjak. Mereka merasa sedikit kesulitan untuk mengontrol mobil matik di jalan menanjak terlebih jika posisi jalan tersebut sedang macet.


Ya, apabila kita tidak tahu cara memfungsikan mobil matik di jalan menanjak dengan benar tentu akan sulit sekali dalam mengontrolnya, alih-alih menanjak justru kita malah akan membuat mobil tersebut menjadi berjalan mundur. Oleh karena itu, selain melakukan perawatan yang intensif terhadap mobil matik yang kita memiliki, seperti mengganti oli tepat pada waktunya, menggunakan bahan bakar yang sesuai, atau mengecek ketersediaan cairan pada mobil, serta memanaskan mobil secara rutin terlebih jika akan digunakan. Lebih lanjut, kita juga harus mengetahui bagaimana cara mengoperasikan mobil dengan baik dan benar, terutama pada tuasnya yang mana menjadi perbedaan yang mendasar pada mobil matik dan mobil manual. Untuk mengantisipasi hal tersebut, berikut beberapa ulasan dalam mengendarai mobil matik ketika menanjak.

1. Perhatikanlah kecuraman yang ada pada tanjakan
Karena yang menjadi kasus adalah menanjak, tentu utamanya adalah anda harus memperhatikan tingkat kecuraman yang ada pada tanjakan itu sendiri. Mengapa demikian? Karena kecuraman pada tanjakan berpengaruh pada tuas yang akan difungsikan. Pastikan anda sudah mengetahui bahwa tuas transmisi ada pada posisi netral, lalu P pada posisi parkir, R pada posisi mobil mundur, D pada posisi mobil maju. Selain itu, ada lambang tambahan di bawah posisi D yaitu D1, D2.

2. Mencocokkan tuas transmisi pada jalanan
Apabila anda telah mengetaui fungsi-fungsi yang ada pada tuas dengan benar, dan anda sudah memperhatikan juga kondisi kecuraman pada tanjankan yang anda lalui, maka selanjutnya adalah mencocokkan tuas transmisi pada jalanan tersebut. Dimana semakin curam tanjakan yang anda lalui, maka anda perlu memindahkan posisi D ke posisi D2, dan memindahkan posisi D2 ke D1 apabila tanjakan semakin curam.

3. Dilarang menginjak rem saat melakukan perpindahan tuas
Penting sekali untuk diingat, bahwa jangan menginjak rem saat melakukan perpindahan tuas D ke D2 ataupun D1. Cukup dengan menekan tombol pada tuas tuas persneling agar dapat melakukan perpindahan gigi.

4. Melakukan latihan menanjak pada mobil secara berkala
Dapat dikatakan anda dengan mobil matik anda saling bekerja sama untuk melakukan latihan secara berkala. Dimana dengan membiasakan mengendarai atau melewati jalan yang menanjak, maka anda sendiri akan terbiasa untuk mengatur atau mengontrol tuas dengan baik dan benar hingga lihai dalam melakukan perpindahannya. Selain itu, mobil anda juga akan terbiasa menghadapi medan jalan yang menanjak, yang mana jika tidak terbiasa biasanya mesin pada mobil akan mogok dengan sendirinya.


Demikian, beberapa ulasan yang patut sekali anda ketahui agar dapat mengendarai mobil matik yang baik dan benar dan mampu melewati jalan yang menanjak dengan apik.

0 comments:

Post a Comment