Wednesday, December 26, 2018

Tips Memilih Gambar Printing Baju agar Hasil Maksimal


Menentukan gambar dan desain sebelum cetak baju merupakan hal penting yang perlu Anda lakukan. Pasalnya desain dan resolusi gambar yang akan Anda pilih akan mempengaruhi hasil cetakan yang kurang bagus. Lalu bagaimana sih cara memilih gambarnya? Nah berikut ada beberapa tips memilih gambar desain agar hasil cetakan lebih maksimal. 

Menentukan Resolusi Desain

Resolusi gambar yang optimal biasanya berukuran ribuan pixel kali ribuan pixel. Contohnya 1024 x 1024 px. Selama mendesain ada baiknya Anda menggunakan software Photoshop dengan ukuran desain menggunakan satuan cm. Pasalnya ukuran ini hampir sesuai dengan panjang dan lebar tray atau dimensi pada mesin printer DTG. 

Oleh sebab itu agar hasil printing baju Anda lebih maksimal, Anda perlu memperhatikan resolusi gambar dan desain yang dipilih. Pastikan Anda memilih desain yang beresolusi HD di atas 1024 x 1024 pixel. Dengan memilih gambar yang beresolusi HD, hasil cetakan pada baju Anda akan terlihat lebih pekat, elegan, dan berkelas. 

Maksimalkan DPI (Dots Per Inch ) Minimal 300 DPI

Ada baiknya Anda menggunakan format gambar PNG atau TIFF. Format gambar ini khusus untuk kaos yang berwarna gelap atau membutuhkan tinta warna putih selama proses pencetakan. Mengapa format gambar tidak JPG atau JEPG? Pasalnya gambar dengan format JPG hanya dapat mengadopsi gambar dengan latar yang transparan. 

Sedangkan gambar dengan format JPEG cenderung memiliki tingkat algoritma konveksi yang kurang bagus. Hal ini tentunya dapat mempengaruhi hasil cetakan. Meskipun Anda sudah mendesainnya secara maksimal dan optimal, jika Anda menggunakan format JPEG printing baju yang dihasilkan kurang berkualitas. 

Untuk itu, jika Anda menginginkan cetakan yang dihasilkan lebih optimal, pastikan Anda mengubah format gambar dari JPG atau JPEG ke format PNG atau TNIF. Pasalnya gambar dengan format ini cenderung akan menghasilkan cetakan yang lebih pekat dan berkelas. 

Color Profile

Dari segi color profil, sangat disarankan bagi Anda untuk menggunakan RGB. Mengapa tidak CMYK? Pasalnya CMYK cenderung akan menghasilkan warna yang lebih gelap. Sekedar untuk diingat bahwa RGB merupakan warna profil yang terlihat pada layar monitor sedangkan CMYK merupakan warna yang dihasilkan oleh mesin printer. 

Jadi apabila Anda menggunakan gambar RGB selama proses pencetakan, penurunan warna hanya berkisar antara 5 sampai 10 persen saja. Namun jika menggunakan gambar CMYK penurunan warnanya dapat jauh lebih banyak. Oleh sebab itu apabila Anda menginginkan hasil cetakan yang maksimal maka gunakan gambar RGB. 

Itulah beberapa tips memilih gambar untuk desain yang tepat agar hasilnya lebih maksimal. Pastikan Anda memperhatikan tips di atas agar warna yang dihasilkan mirip dengan warna desain pada layar monitor. Anda juga bisa cetak baju dengan desain sendiri di custom.my. 

0 comments:

Post a Comment