Monday, November 12, 2018

5 Permainan Anak Mendidik yang Bisa Dibuat Orang Tua


Permainan anak mendidik seringkali dianggap orang tua adalah sesuatu yang mustahil untuk bisa ditemukan. Apalagi di masa sekarang ini, yang kebanyakan anak menggunakan teknologi untuk bermain. Sayangnya, permainan menggunakan teknologi tersebut lebih memberikan efek samping buruk. Untuk itu, ada 5 permainan mendidik yang bisa dibuat orang tua. 

1. Surat Mainan Alfabet 

Jenis permainan anak pertama yang ternyata bisa dibuat langsung orang tua langsung di rumah adalah surat mainan alfabet. Bagi Anda yang belum tahu, surat mainan alfabet adalah sebuah permainan surat menyurat dengan menggunakan huruf alfabet. Daripada harus membelinya dengan harga yang kadang mahal nyatanya Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. 

Cara membuatnya sendiri juga terbilang mudah, Anda hanya perlu menyiapkan amplop dengan ukuran besar atau kertas putih berukuran besar. Setelah itu, Anda bisa membuat angka-angka dengan bentuk dan gambar lucu yang disukai oleh si kecil. Dengan rajin melakukan hal ini maka akan membuat si kecil mengenal huruf lebih cepat dan bisa membuat mereka cepat membaca. 

2. Bermain Lego Kata 

Ada banyak sekali cara untuk membuat si kecil dapat belajar membaca dan menulis sejak dini. Hal pertama yang mesti Anda lakukan sebagai orang tua adalah mengenalkan huruf pada mereka sedini mungkin. Dari sekian banyak cara yang ada maka menggunakan permainan yang satu ini. Permainan tersebut adalah permainan lego kata yang sudah mudah sekali dimainkan. 

Cara membuatnya sendiri juga terbilang sangatlah mudah karena Anda hanya perlu menyiapkan lego dengan bentuk dan juga warna-warni. Nantinya Anda tinggal membentuk lego-lego tersebut menjadi huruf-huruf sederhana dan juga kata sederhana. Hal tersebut sangat berguna bagi si kecil untuk bisa belajar mengenal huruf lebih cepat dan pastinya memiliki kemampuan membaca. 

3. Permainan Mencari Harta Karun 

Satu hal yang banyak sekali dilupakan oleh para orang tua adalah membuat permainan anak mendidik yang menyenangkan bagi si kecil. Soalnya selama ini masih banyak orang tua yang terlalu terfokus hanya memberikan pembelajaran yang terlalu kaku atau formal. Padahal masih banyak permainan yang mampu mendidik si kecil dengan cara lebih menyenangkan. 

Salah satunya adalah dengan permainan mencari harta karun seperti ini. Jangan anggap sembarangan, nyatanya permainan mencari harta karun ini bisa meningkatkan kemampuan motorik sekaligus wawasan si kecil. Cara membuatnya juga terbilang mudah, Anda hanya perlu menyebarkan petunjuk dengan menggunakan kertas yang mengarah pada hadiah di rumah. 

4. Membuat Papan Geometri 

Papan geometri nyatanya juga bisa dijadikan pilihan permainan yang mendidik bagi si kecil. Soalnya papan geometri ini akan menguji wawasan sekaligus daya pikir si kecil. Sesuatu yang pastinya akan sangat berguna bagi mereka di masa depan. Apalagi mereka melakukan permainan tersebut dengan senang hati dan juga pastinya tanpa paksaan. 

Untuk membuatnya sendiri, juga terbilang mudah, karena Anda hanya perlu menggunakan kertas atau kardus yang sudah tidak digunakan. Setelah itu, Anda bisa menyusun kertas atau kardus tersebut hingga kemudian membuat papan geometri yang menarik. 

5. Permainan Eksperimen Air 

Permainan terakhir adalah dengan menggunakan air sebagai medium utamanya. Banyak sekali permainan yang bisa dibuat, mulai dari roket air, saluran air hingga melakukan eksperimen terhadap benda-benda yang mengapung. Semua hal tersebut tentunya dapat dilakukan dengan mudah dan juga bisa Anda buat sendiri di rumah. 

Jadi bisa dibilang untuk membuat permainan anak mendidik bukanlah sesuatu yang sulit untuk bisa dilakukan. Anda bisa mencontoh langsung dari berbagai contoh permainan yang sudah disebutkan di atas dan pastinya murah untuk dibuat. 

0 comments:

Post a Comment