Wednesday, September 26, 2018

6 Komponen Utama Pipa Rucika dan Fungsinya


Pipa Rucika adalah jenis pipa unggulan sebagai solusi dalam memenuhi kebutuhan saluran air. Pipa merupakan komponen yang diperlukan dalam melancarkan saluran air bersih dan juga pembuangan. Kamu dapat mengetahui berbagai komponen pelengkap pipa dalam rangkaian saluran agar bisa melengkapi kebutuhan pemasangan pipa. Inilah 6 komponennya.

1. Double Nipple

Komponen pertama yang dibutuhkan adalah double Nipple yang berfungsi sebagai adaptor, sehingga menyambung peralatan fitting yang mempunyai drat pada kedua sisinya. Agar menghindari kebocoran, kedua sisi double nipple ini harus dililit menggunakan sealtape.

2. Faucet Tee MI

Komponen kedua adalah sambungan pipa PVC khusus yang diberi nama Faucet Tee MI. Bagian ini dikhususkan untuk saluran bertekanan dengan sudut sebesar 90 derajat dan mengalirkan cairan ke dua arah percabangan menggunakan sambungan drat metal pada salah satu sisi.

3. 45 Elbow

Pipa Rucika juga mempunyai komponen 45 Elbow yaitu berupa sambungan pipa bersudut 45 derajat. Sambungan ini digunakan untuk saluran air dan saluran pembuangan yang bertekanan ataupun tidak bertekanan. Dengan komponen ini, penyambungan antar pipa makin fleksibel dan pemasangannya bisa makin mudah karena komponen ini kuat.

4. Large Radius Elbow

Komponen selanjutnya adalah large radius elbow yang merupakan sambungan pipa. Berbeda dengan bagian sambungan sebelumnya, produk ini berfungsi untuk saluran pembuangan atau instalasi yang tidak bertekanan. Jadi, pemakaian sambungan ini lebih khusus. Desain leher komponen sambungan ini lebih smooth dan berfungsi mengurangi gesekan serta turbulensi.

5. Flange

Komponen berikutnya yang juga utama adalah flange yang merupakan sambungan pipa yang berfungsi sebagai adaptor. Flange ini adalah adaptor dari pipa ke pipa ataupun dari pipa ke aksesoris lain yang mempunyai sambungan flange karena perbedaan sistem sambungan ataupun perbedaan material.

6. Y-Branch

Y-Branch ini juga sangat penting untuk menyambungkan pipa yang satu dengan pipa yang lainnya. Sambungan tiga pipa ini sangat berguna untuk memudahkan penyambungan tiga pipa. Sambungan pipa yang bersudut 45 derajat memang berfungsi untuk menyatukan dua aliran berdiameter sama ataupun berbeda.

Penyatuan dua aliran air tersebut terbukti menjadi solusi dalam pembuatan saluran air bersih ataupun saluran pembuangan. Kamu dapat mempunyai saluran air yang lancar dan bisa meminimalisir hambatan aliran air.

Berbagai komponen tersebut sangat diperlukan dalam pemasangan pipa. Kamu dapat memahami setiap komponennya agar bisa melengkapi rangkaian pipa Rucika dengan baik. Komponen utama tersebut juga sudah berstandardisasi, sehingga sangat berkualitas dan menjamin kelancaran pemasangan saluran air.

0 comments:

Post a Comment