Monday, July 30, 2018

Kenapa perempuan paling hobi menggosipkan sesamanya? Ini kata peneliti


Katanya perempuan paling hobi bergosip. Padahal tidak semua wanita suka bergunjing. Tetapi harus diakui memang banyak perempuan yang gemar melakukannya. Bisa jadi semua orang, wanita maupun pria pernah melakukan dosa yang satu ini.

Sebuah penelitian terbaru membuktikan bahwa kaum wanita memiliki kecenderungan untuk menggosipkan wanita lainnya untuk membuat diri sendiri terlihat lebih baik. Tania Reynolds, penulis dari penelitian ini, mengatakan bahwa ide gosip seringkali berasal dari wanita yang sering menyebarkan desas-desus tentang wanita lain dengan maksud untuk berpose dan ancaman. Mereka akan berpakaian secara provokatif agar dianggap lebih cantik, seperti dilansir dari bravotv.com.

Selain itu, Tania juga menemukan bahwa wanita yang lebih kompetitif akan lebih sering bergosip. Orang-orang cenderung akan lebih memberi perhatian pada informasi pribadi yang negatif atau gosip, karena dapat dijadikan sebagai indikasi pembenaran diri sendiri.

Sedangkan gosip jarang terjadi di antara kaum pria adalah karena mereka berkompetisi secara lebih terbuka, fisik, dan konfrontatif. Kaum wanita sejak awal memang merupakan agen yang aktif bersaing untuk mitra sosial dan romantis mereka.

Banyak wanita mudah berubah, terutama ketika bertemu dengan wanita lain yang dianggap sebagai ancaman. Hipotesis gosip di antara wanita adalah untuk merusak daya tarik sosial dari rival romantis yang paling mengancam.

Yang lebih menarik adalah tidak sedikit wanita yang bahkan masih bergosip perihal wanita yang sebenarnya mereka sukai. Pola ini menunjukkan bahwa wanita juga bisa menyebarkan informasi merusak mengenai teman-temannya sendiri.

Wanita juga cenderung 'membingkai' gunjingan tentang wanita lain dengan menambahkan alasan 'karena ikut prihatin dengan hidupnya' atau karena 'khawatir dengan dirinya' sehingga mereka tidak akan terlihat dengki. Kalau sudah seperti ini kemungkinan wanita yang menggunjingkan perempuan lain ini tidak menyadari kalau mereka sedang bergosip.

Jadi begitulah kemungkinan alasan dibalik kecenderungan wanita untuk bergosip. Memang bukan hal yang baik untuk dilakukan, apa pun alasannya. Jadi sebaiknya dikurang-kurangi, ya?

0 comments:

Post a Comment